Studi Komparasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Penulis

  • dwi setia kurniawan uin sunan kaljaga
  • Hamzah Usaid Uzza UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kata Kunci:

Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Bahasa Arab

Abstrak

Kurikulum merupakan sebuah hal yang mendasar dalam sebuah pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum sebagai sebuah perencanaan yang mengarah kepada tujuan pendidikan nasional mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Transformasi kurikulum didasarkan kepada relevanitasnya dalam merespon perkembangan zaman dan ilmu pengetahun Perubahan kurikulum pada era ini dari kurikulum 2013 menuju kurikulum  merdeka berdampak pada  pembelajaran  khususnya  bahasa Arab.

Dalam implementasi pembelajaran bahasa Arab yang pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka terdapat berbagai perbedaan di mulai dari kompetensi inti dan dasar setiap jenjang kelas berubah menjadi pembelajaran setiap fase dengan capaian pembelajaran, pengembangan alur tujuan pembelajaran, hingga modul ajar yang memiliki fungsi yang sama dengan RPP namun terdapat komponen yang lebih kompleks.

 Asesmen pembelajaran bahasa Arab pada kurikulum 2013 memisahkan nilai pengetahuan dan keterampilan serta menggunakan KKM sebagai penentu ketuntasan. Namun dalam kurikulum merdeka yang mana di dalamnya terdapat asesmen formatif dan sumatif, tidak memisahkan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Kriteria ketuntasan dalam kurikulum merdeka  menggunkan KKTP (kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran) bukan lagi menggunakan KKM (kriteria ketuntasan minimum)

           

Referensi

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Jakarta: Kemdikbud, 2022Juanda, Anda, Landasan Kurikulum dan Pembelajaran Berorientasi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, Bandung: Confident, 2013

Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indoensia, Contoh TP, ATP dan Modul AjarKurikulum Merdeka pada Madrasah

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Keputusan Menteri Agama nomor 347 tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia, Buku Saku Kurikulum Merdeka

Masykur, Teori dan Telaaf Pengembangan Kurikulum, Bandar Lampung: Aura, 2019

Muhammedi, “Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal” Jurnal Raudhah Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016

Miza Nina Adlini, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka”, dalam Jurnal Edumaspul, Vo1. Februari 2022

Mariati Purba dkk, Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Naskah Akademik Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknolog, 20216

Sudarman, Pengembangan Kurikulum Kajian Teori dan Praktik, Samarinda: Mulawarman University Press, 2019

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-09

Cara Mengutip

kurniawan, dwi setia, & Uzza, H. U. (2023). Studi Komparasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 91–108. Diambil dari http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/30