https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/issue/feedATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus2023-07-24T14:15:43+07:00sandi pradanasandi@stittanggamus.ac.idOpen Journal Systems<p>“ATH-THALIB: Jurnal Mahasiswa STIT Tanggamus” merupakan platform publikasi jurnal yang mulai diresmikan pada tahun 2023. Jurnal Ath-Thalib diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tanggamus. Jurnal Ath-Thalib telah terverifikasi pada Online Journal System (OJS) dibawah naungan jurnal.stittanggamus.ac.id sejak awal penerbitannya. Jurnal Ath-Thalib akan rutin menerbitkan jurnal dalam 1-2 edisi per tahun. Karya yang diterbitkan merupakan suatu hasil penelitian orisinil atau tinjauan Pustaka yang ditulis oleh mahasiswa yang berkolaborasi dengan dosen pemimbing skripsi. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Pendidikan Islam, baik sebagai objek material dan atau sebagai objek formal.</p>https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/33Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kasih Bunda Pekon Kilauan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus2023-07-19T23:53:31+07:00Wardah AnggrainiWardah.anggraini@stittanggamus.ac.idRohanah RohanahWardah.anggraini@stittanggamus.ac.idItasari ItasariWardah.anggraini@stittanggamus.ac.id<p class="AbstractBody">Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2023 sampai dengan 01 Maret 2023 di PAUD Kasih Bunda Pekon Kilauan Negeri Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah pendidik sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dalam 3 tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat cara dalam pengembangan bahasa anak usia dini melalui tanya-jawab dengan kartu bergambar, yaitu (i) Guru memperkirakan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan tanya-jawab, (ii) Guru menyediakan media kartu bergambar sesuai dengan tema, (iii) Guru memusatkan perhatian seperti menunjuk gambar diikuti dengan penjelasan lisan yang menarik, (iv) Guru melakukan evaluasi terhadap anak untuk memperoleh tujuan pencapain.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Wardah Anggraini, Rohanah Rohanah, Itasari Itasarihttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/34Alat Permainan Edukatif Puzzle Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Nurul Islam Purwosari2023-07-20T00:02:24+07:00Siti Umayahsiti.umayah@stittanggamus.ac.idSupinah Supinahsiti.umayah@stittanggamus.ac.idJunaenah Junaenahsiti.umayah@stittanggamus.ac.id<p>Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif ini yang bertujuan untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif puzzle dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan subjek guru dan anak yaitu 1 orang guru dan 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Paud Nurul Islam Purwosari bahwa penerapan alat permainan edukatif puzzle telah dilaksanakan, tetapi langkah-langkah dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teori Subagio dan Situmorang, masih ada satu langkah yang belum diterapkan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle dan membebaskan anak untuk memilih berbagai jenis puzzle yang mereka sukai. Tetapi di Paud ini guru langsung membagi puzzle kepada anak didik. Dan jenis puzzle yang dibagi semua disamakan oleh guru. Dari hasil perkembangan Kognitif anak dalam kategori belum berkembang ada 0 anak (0%), mulai berkembang ada 7 anak (46%), berkembang sesuai harapan ada 5 anak (33%) dan berkembang sangat baik ada 3 anak (20%).</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Siti Umayah, Supinah Supinah, Junaenah Junaenahhttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/36Penerapan Problem Based Learning Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MA Nurul Islam Gunung Sari2023-07-20T00:09:27+07:00Lukman Suryalukmansurya@stittanggamus.ac.idSiti Mafirohlukmansurya@stittanggamus.ac.idDevi Yugitalukmansurya@stittanggamus.ac.id<p class="AbstrakKeywords" style="text-indent: 36.0pt;">Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap globalisasi yang terjadi di dunia ini, sikap siswa di zaman modern ini, terutama siswa remaja yang kurangnya adab, pergaulan bebas dan sopan santun terhadap yang lebih tua. Salah satu madrasah aliyah di kecamatan Ulu Belu memilih metode <em>Problem Based Learning</em> dalam menanamkan nilai-nilai religius diera modern ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius melalui pengetahuan dan mampu mengamalkan kegiatan nilai-nilai religius di sekolah atau dikehidupan sehari-hari, agar menjadi siswa yang memiliki moral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilaksanakan di MA Nurul Islam Gunung Sari dengan sampel 1 kelas hanya kelas X. fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode <em>Problem Based Learning</em>. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data dengan deskriptif-analitik untuk mengetahui karakteristik, teknik, serta permasalahan yang muncul dalam penerapan metode <em>Problem Based Learning</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode Problem Based Learning cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas (2) kesulitan yang dialami peneliti adalah membangun suasana kelas yang demokrasi.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Lukman Surya, Siti Mafiroh, Devi Yugitahttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/35Penerapan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Di PAUD Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus2023-07-20T00:06:15+07:00Wardah AnggrainiWardah.anggraini@stittanggamus.ac.idDevi Meli LestariWardah.anggraini@stittanggamus.ac.idSiti Nur KholifahWardah.anggraini@stittanggamus.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui perencanaan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan membaca Huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. 3) Untuk mengetahui systemevaluasi membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru-guru dan orang tua siswa Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. Analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Teknik penjamin keabsahan data didasarkan pada empat kategori yaitu: uji kredibilitas (kepercayaan), transferabilitas (keteralihan), dependebilitas (kebergantungan) dan konfirmabilitas (kepastian), diuji secara tringulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Penerapan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus sudah tertulis di dalam rencana kegiatan harian (RKH). 2) Pelaksanaan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus sudah baik namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. 3) Evaluasi pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus dapat dikatakan masih belum terlaksana secara baik</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Wardah Anggraini, Devi Meli Lestari, Siti Nur Kholifahhttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/37Pemanfaatan Media Pembelajan Berbasis Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di SDN 1 Batu Tegi2023-07-20T09:40:30+07:00Lukman Suryalukmansurya@stittanggamus.ac.idHeri Apriyantolukmansurya@stittanggamus.ac.idAgus Sriyantolukmansurya@stittanggamus.ac.id<p>Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, yang dilakukandi SDN 1 Batu Tegi Kec. Air Naningan Kab. Tanggamus terutama pada tingkatan kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan empat metode penelitian, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan jenis sumber data primer dan sekunder dengan hasil dari wawancara, observasi, dandokumentasi tersebut kemudian dianalisis. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara yang disertai dengan dokumentasi sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Batu Tegi Kelas V, adalah media pembelajaran yang meliputi Whatsapp, Youtube, Google Classroom, Google-Formulir (G-Form), Zoom atau Google Meeting, serta situs Website. Sehingga dalam pemanfaatan media disebutkan bahwa siswa bisa menggunakan dan mengoperasikan media pembelajaran yang berbasis internet dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan baik dan benar.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Lukman Surya, Heri Apriyanto, Agus Sriyantohttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/41Flashcard Huruf Untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di TK Alhuda Sirnagalih Ulubelu Tanggamus2023-07-20T13:21:38+07:00Ajeng Ninda Uminarajengninda50@gmail.comShafhal Zamilajengninda50@gmail.comEli Ambarwatiajengninda50@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi <em>flashcard</em> huruf untuk menstimulasi perkembangan bahasa dan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Alhuda sirnagalih ulubelu. Meteode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa media pembelejaran Flash Card dapat menstimulus perekmbangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan dengan respon anak-anak antusias dalam belajar dan mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan oleh Guru.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Ajeng Ninda Uminar, Shafhal Zamil, Eli Ambarwatihttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/42Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharmawanita Pekon Lengkukai Kabupaten Tanggamus 2023-07-20T13:21:03+07:00Siti Umayahsiti.umayah@stittanggamus.ac.idNur Fatimahsiti.umayah@stittanggamus.ac.idNuraini Nurainisiti.umayah@stittanggamus.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia 5 – 6 tahun. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengamati atau mengerti maksud, motivasi, dan perasaan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti berusaha untuk meneliti objek secara alamiah sesuai dengan situasi yang terjadi di lapangan dan diuraikan dengan menggunakan kata-kata. Latar penelitian ini berlokasi di Kecamatan Lengkukai Kabupaten Tanggamus. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa usia 5-6 tahun di PAUD Dharmawatita. Temuan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran (Role Playing) untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak di TK Dharmawanita Lengkukai Tanggamus sudah baik. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan metode bermain peran (Role Playing) dapat mengembangkan kecerdasan Interpersonal anak. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan metode bermain peran (Role Playing) untuk mengembangkan kecerdasan Interpersonal anak di TK Dharmawanita Lengkukai Tanggamus sudah melakukan langkah-langkah dalam bermain peran yakni dimulai dari guru menetapkan dan memilih tema terlebih dahulu, lalu membuat naskah atau jalan cerita, guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan kemudian menjelaskan tentang teknik yang akan dimainkan, memilih dan menetapkan peran yang akan dimainkan anak, menceritakan sambil mengatur adegan pertama, lalu mendiskusikan serta melakukan evaluasi dalam pembelajaran. Walau pun anak yang memainkan peran saat pertama main adalah anak yang ditunjuk guru namun guru dalam penerapannya mengajukan atau memberi kesempatan kepada anak untuk bermain seperti temannya. Oleh karenanya, kecerdasan Interpersonal anak sudah berkembang sesuai harapan.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Siti Umayah, Nur Fatimah, Nuraini Nurainihttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/40Peran Guru PAI Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMP Wiratama Mandala Kabupaten Tanggamus 2023-07-20T13:00:06+07:00Lukman Suryalukmansurya@stittanggamus.ac.idNur Fitrianalukmansurya@stittanggamus.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dilihat dari sisi penguasaan bahan ajar dan penerapan strategi ajar serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar, Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, jadwal belajar PAI yang mendukung siswa dalam berkonsentrasi. Usaha guru PAI dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa di SMP Wiratama Mandala dikatakan sudah baik, guru bisa terus aktif dan kreatif dalam menggunakan metode-metode yang tepat dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dan juga menggunakan alat peraga karena akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan siswa akan tertarik dengan pelajaran PAI yang diajarkan oleh guru.</p>2023-07-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Lukman Surya, Nur Fitrianahttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/44PENGGUNAAN BAHAN ALAM DAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA KOLASE UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK FIRDAUS DI TK AL-FURQON CAMPANG TIGA KECAMATAN KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS2023-07-24T11:01:03+07:00Wardah Anggrainiwardah.anggraini@stittanggamus.ac.idDewi Septianiwardah.anggraini@stittanggamus.ac.idsuwantiwardah.anggraini@stittanggamus.ac.id<p>Latar belakang penelitian ini adalah berbagai kajian tentang pentingnya kemampuan motorik yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh anak. Kemampuan motorik halus anak merupakan kemampuan anak untuk bergerak dengan menggunakan otot-otot halus, mengkoordinasikan panca indera yang dimilikinya. Sebagaimana yang harus diterapkan dalam pendidikan anak usia dini, maka kolase salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halusnya karena kegiatan kolase kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Adapun penggunaan bahan alam dan barang bekas dalam kegiatan kolase ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan menjaga kelestraian lingkungan,menjaga kelangsungan hidup bersama.</p> <p>Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pemanfaatan bahan alam sebagai media kolase untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok Firdaus di TK Al-Furqon Campang Tiga?; 2. Bagaimana pemanfaatan barang bekas sebagai media kolase untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok Firdaus di TK Al-Furqon Campang Tiga?; Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mendeskripsikan pemanfaatan bahan alam sebagai media kolase untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok Firdaus di TK Al-Furqon Campang Tiga. 2. Untuk mendeskripsikan pemanfaatan barang bekas sebagai media kolase untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok Firdaus di TK Al-Furqon Campang Tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskrptif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi melalui video call. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pemeriksaan tentang kebenaran laporan.</p> <p>Hasil penelitian ini adalah: 1. Pemanfaatan bahan alam: a. RPPH sebagai acuan pembelajaran kolase bahan alam. b. Bahan alam yang digunakan yakni daun kering, ranting kering, dan bunga kering. c. Guru melakukan pendampingan d. Guru melakukan evaluasi. e. Guru memberikan apresiasi. f. Penggunaa bahan alam juga membantu mengambangkan kecerdasan naturalis anak. 2. Pemanfaatan barang bekas; a. RPPH sebagai acuan pembelajaran kolase barang bekas. b. Barang bekas yang digunakan adalah kertas bekas, koran bekas dan majalah bekas. c. Guru melakukan pendampingan. d. Guru melakukan evaluasi. e. Penggunaan barang bekas juga untuk menanamkan sikap peduli lingkungan.</p>2023-07-21T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Wardah Anggraini, Dewi Septiani, suwantihttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/46PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MIFTAHUL HUDA KECAMATAN CUKUHBALAK KABUPATEN TANGGAMUS2023-07-24T11:01:18+07:00Wardah Anggrainiwardah.anggraini@stittanggamus.ac.idEka Yuliantiwardah.anggraini@stittanggamus.ac.idRisma Nurjanahwardah.anggraini@stittanggamus.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Menggunakan Permainan Tradisional kelompok B1 Taman Kanak- Kanak di PAUD miftahul huda kecamatan cuku balak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik menggunakan metode permainan tradisional sebagai berikut: (i)Memilih tema dan tujuan yang ingin dicapai sesuai program yang sudah ada (ii)Menjelaskan Cara Bermain Dan Menyediakan Media Atau Bahan Yang Menarik Perhatian Anak (iii)Guru Memberikan Arahan dan Contoh Terlebih Dahulu Sebelum Anak Melakukan Kegiatan Permainan Tradisional (iv)Kesempatan Anak Untuk Mencoba Dan Kegiatan Waktu Kedua Lebih Lama (v)Guru Menjadi Fasiliator Dan Motivator Bagi Anak (vi)Melaksanakan Evaluasi Terhadap Kegiatan Permainan Tradisional. Keenam langkah metode permainan tradisional ini telah diterapkan iterpkan pada anak usia dini</p>2023-07-21T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Wardah Anggraini, Eka Yulianti, Risma Nurjanahhttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/43PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL KEAGAMAAN REMAJA DI PEKON MERBAU KECAMATAN KELUMBAYAN BARAT KABUPATEN TANGGAMUS2023-07-24T11:01:26+07:00Fikriansyahfikri@stittanggamus.ac.idLilis Fauiahfikri@stittanggamus.ac.idSang Sangfikri@stittanggamus.ac.id<p>Pendidikan Islam merupakan wahana yang diharapkan mampu mengatasi kemerosotan akhlak generasi muda, sebagai dampak dari lahirnya globalisasi kebudayaan, karena kemersotan akhlak manusia hanya dapat diatasi dengan adanya penanaman iman dan takwa sebagai landasan akhlak manusia melalui proses pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara pendidikan islam dalam keluarga terhadap perkembangan mental keagamaan remaja di Pekon Merbau Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja Pekon Merbau yang berjumlah 239 remaja, sedangkan sample dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu 30 remaja. Teknik pengumpulan data kuesioner uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi atau hipotesis.</p> <p>Berdasarkan analisis data diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan H1 diterima. Yang diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.001 sedangkan nilai correlation coefficient diperoleh nilai sebesar 0.967 sehingga menunjukan korelasi pendidikan Islam dalam keluarga terhadap perkembangan mental keagamaan remaja adalah korelasi yang cukup kuat. Demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam dalam keluarga memiliki pengaruh terhadap perkembangan mental keagamaan remaja.</p>2023-07-21T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Fikriansyah, Lilis Fauiah, Sang Sanghttps://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/ATH-THALIB/article/view/45EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL MELATIH PENDENGARAN DAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI PAUD AL-KHOIRIYAH PEKON SUKUPADANG KECAMATAN CUKUH BALAK TANGGAMUS2023-07-24T11:01:34+07:00Tuti Puspitasaritutipuspitasari@stittanggamus.ac.idHasnawatitutipuspitasari@stittanggamus.ac.idRozaidawatitutipuspitasari@stittanggamus.ac.id<p>Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan metode audio visual dalam melatih pendengaran dan daya ingat pada anak usia dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Khoiriyah, Pekon Sukupadang, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi anak-anak terhadap metode audio visual yang digunakan dalam proses pembelajaran.</p> <p>Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui observasi partisipatif selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak, serta pengumpulan data berupa catatan lapangan dan rekaman video dari interaksi di kelas.</p> <p>Analisis data akan dilakukan dengan pendekatan induktif, yang akan mencakup proses pengkodean dan tema yang muncul dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang efektivitas metode audio visual dalam melatih pendengaran dan daya ingat anak usia dini, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman belajar anak dalam penggunaan metode ini.</p> <p>Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi praktisi pendidikan anak usia dini dan pihak terkait dalam mengoptimalkan penerapan metode audio visual yang lebih efektif dalam meningkatkan pendengaran dan daya ingat anak di lingkungan PAUD Al-Khoiriyah.</p>2023-07-21T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Tuti Puspitasari, Hasnawati, Rozaidawati