PENTINGNYA PERKEMBANGAN KOMUNIKASI PADA ERA MILENIAL TERHADAP KIAT UNTUK BERWIRAUSAHA
PENTINGNYA PERKEMBANGAN KOMUNIKASI PADA ERA MILENIAL TERHADAP KIAT UNTUK BERWIRAUSAHA
Kata Kunci:
E-Marketing; Komunikasi; Media Sosial; UmkmAbstrak
Yang terlibat dalam inisiatif pengabdian masyarakat ini adalah sekelompok pengusaha muda yang berada di Desa Stembel, yang masing-masing menjalankan usaha mikro dan kecil. Para pelaku industri ini fokus pada produksi tahu dan tempe dari kedelai, serta menyediakan jasa persewaan peralatan pernikahan. Pendekatan yang dilakukan UMKM ini cenderung pasif, mengandalkan pesanan konsumen dan mengabaikan potensi media sosial di era digital saat ini. Tujuan dari upaya ini adalah untuk merevolusi praktik bisnis para wirausahawan, mengalihkan mereka dari metode pemasaran tradisional ke pendekatan yang lebih kontemporer. Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai sarana komunikasi, para pelaku usaha ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasarnya, meningkatkan margin keuntungan, mendongkrak volume penjualan, dan meminimalkan biaya pemasaran.