PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Penulis

  • Bagos Muchlis Fuadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember
  • Roni Subhan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kata Kunci:

UMKM, Komunikasi Bisnis, Pasar, Pendapatan, Keberhasilan

Abstrak

Usaha kecil adalah usaha mandiri yang memiliki dampak yang kecil terhadap pasar. Usaha kecil di Indonesia disebut UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM terus menghadapi pasar yang semakin kompetitif untuk bertahan dan menguasai pasar. Oleh karena itu, UMKM membutuhkan informasi yang akurat dan tepat untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh UMKM tersebut. Informasi yang diperoleh UMKM tersebut digunakan untuk membuat perencanaan yang tepat, dan informasi ini biasanya diperoleh melalui media penyebaran informasi. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjelaskan fenomena dan data. Selanjutnya, penelitian menarik kesimpulan tentang masalah yang ada. Pembahasan menunjukkan bahwa komunikasi bisnis membantu keberhasilan UMKM dengan meningkatkan pendapatan UMKM, meningkatkan penjualan UMKM, dan menggunakan strategi pemasaran untuk UMKM.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30