https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/issue/feed Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2025-01-21T18:51:11+07:00 sandi pradana sandi@stittanggamus.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khidmah merupakan jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus dengan ISSN Online (3032-2707). Jurnal ini berisi artikel pengabdian kepada masyarakat dengan lingkup Pelatihan dan Pemasaran yang dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat, UKM dan masyarakat setempat; Pemberdayaan masyarakat; Akses Sosial; Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa; pemberdayaan masyarakat daerah perbatasan; Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan; Program Pemberdayaan Masyarakat; Merancang dan menjangkau teknologi tepat guna bagi masyarakat.</p> https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/81 EFISIENSI PELAYANAN KEPEGAWAIAN DI BKPSDM KAB. JEMBER DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEGAWAI (SIMPEG) 2025-01-21T18:49:53+07:00 M Tanzil Huda tanzilhuda1213@gmail.com Rivaldi Dwi Kurniawan tanzilhuda1213@gmail.com Davino Rarendra davinorarendra09@gmail.com <p class="s20"><span class="s19">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pelayanan kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jember dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIMPEG). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan</span><span class="s19">Penggunaan SIMPEG di BKPSDM Kabupaten Jember telah meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan kepegawaian melalui pengelolaan ASN secara terkomputerisasi. Namun, tantangan muncul karena masih ada kurangnya pemahaman literasi digital di kalangan ASN. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan secara berkelanjutan kepada ASN agar mereka lebih aktif dalam menggunakan SIMPEG.</span></p> <p class="s22"><span class="s21">Kata Kunci:</span> <span class="s19">efisiensi, pelayanan kepegawaian, BKPSDM, SIMPEG.</span></p> <p>&nbsp;</p> 2024-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 M Tanzil Huda, Rivaldi Dwi Kurniawan, Davino Rarendra https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/83 PENTINGNYA PERKEMBANGAN KOMUNIKASI PADA ERA MILENIAL TERHADAP KIAT UNTUK BERWIRAUSAHA 2025-01-21T18:50:24+07:00 Dwi Oktavia dwioktavia176@gmail.com Roni Subhan ronisubhan@uinkhas.ac.id <p>Yang terlibat dalam inisiatif pengabdian masyarakat ini adalah sekelompok pengusaha muda yang berada di Desa Stembel, yang masing-masing menjalankan usaha mikro dan kecil. Para pelaku industri ini fokus pada produksi tahu dan tempe dari kedelai, serta menyediakan jasa persewaan peralatan pernikahan. Pendekatan yang dilakukan UMKM ini cenderung pasif, mengandalkan pesanan konsumen dan mengabaikan potensi media sosial di era digital saat ini. Tujuan dari upaya ini adalah untuk merevolusi praktik bisnis para wirausahawan, mengalihkan mereka dari metode pemasaran tradisional ke pendekatan yang lebih kontemporer. Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai sarana komunikasi, para pelaku usaha ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pasarnya, meningkatkan margin keuntungan, mendongkrak volume penjualan, dan meminimalkan biaya pemasaran.</p> 2024-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Dwi Oktavia, Roni Subhan https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/84 PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH 2025-01-21T18:50:49+07:00 Bagos Muchlis Fuadi bagusmuchlis09@gmail.com Roni Subhan bagusmuchlis09@gmail.com <p><span class="s16">Usaha kecil adalah usaha mandiri yang memiliki dampak yang kecil terhadap pasar. Usaha kecil di Indonesia disebut UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). UMKM terus menghadapi pasar yang semakin kompetitif untuk bertahan dan menguasai pasar. Oleh karena itu, UMKM membutuhkan informasi yang akurat dan tepat untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh UMKM tersebut. Informasi yang diperoleh UMKM tersebut digunakan untuk membuat perencanaan yang tepat, dan informasi ini biasanya diperoleh melalui media penyebaran informasi. Penelitian deskriptif kualitatif ini menjelaskan fenomena dan data. Selanjutnya, penelitian menarik kesimpulan tentang masalah yang ada. Pembahasan menunjukkan bahwa komunikasi bisnis membantu keberhasilan UMKM dengan meningkatkan pendapatan UMKM, meningkatkan penjualan UMKM, dan menggunakan strategi pemasaran untuk UMKM</span><span class="s16">.</span></p> 2024-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 dwi Oktavia https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/86 STRATEGI PENGEMBANGAN DAN TARGET PEMASARAN PADA INOVASI PRODUK FASHION BUSANA MUSLIM 2025-01-21T18:51:11+07:00 Davino Rarendra davinorarendra09@gmail.com Roni Subhan bagusmuchlis09@gmail.com <p>Strategi pengembangan dan target pemasaran dalam inovasi produk fashion busana muslim merupakan aspek penting dalam memahami dinamika industri ini. Artikel ini menganalisis berbagai strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk fashion busana muslim yang inovatif dan menarik bagi konsumen. Strategi pengembangan produk meliputi inovasi desain, kualitas bahan, dan diversifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan beragam konsumen. Di sisi lain, strategi pemasaran mencakup segmentasi pasar yang tepat, pemasaran digital, influencer marketing, dan penggunaan teknologi untuk personalisasi. Dengan memadukan strategi pengembangan produk yang kuat dan target pemasaran yang tepat sasaran, perusahaan fashion busana muslim dapat memperkuat posisinya di pasar dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Abstrak ini menggambarkan pentingnya inovasi dan strategi yang terkoordinasi dalam memenangkan persaingan pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen dalam industri fashion busana muslim.</p> 2024-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 dwi Oktavia https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/103 IMPLEMENTASI KECERDASAN BERBAHASA (VERBAL-LINGUISTIK) BAGI PEBELAJAR 2025-01-21T18:49:21+07:00 Nila Sari Dewi juni_marvel@yahoo.com Juni Hartiwi juni_marvel@yahoo.com Sri Sutiwi juni_marvel@yahoo.com Sandi Pradana sandi@stittanggamus.ac.id <p>Kecerdasan berbahasa (Linguistic Intelligence) adalah salah satu dari sembilan kecerdasan majemuk, dimana seseorang dinilai memiliki kecerdasan berbahasa apabila memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa secara efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara mengembangkan kecerdasan berbahasa pada anak didik dan strategi pembelajarannya.. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMP Sriwijaya Natar, Lampung, yang dilaksanakan pada tanggal 06-07 September 2024. Peserta terdiri dari siswa-siswi di sekolah tersebut dan juga guru-guru yang ingin mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dapat memberikan masukan dan mengubah pola pikir para guru dari pengajaran yang terpusat pada guru (teacher-centered) dengan metode konvensional menjadi pembelajaran yang terpusat pada siswa (students-centered) dengan beragam strategi pembelajaran Bahasa inggris.</p> 2024-09-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 Nila Sari Dewi, Juni Hartiwi, Sri Sutiwi, Sandi Pradana