Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus

Penulis

  • rini setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Fikriansyah STIT Tanggamus
  • Maya Gita STIT Tanggamus

Kata Kunci:

Usaha, Motivasi, Pembelajaran, Al Quran

Abstrak

Secara khusus, ada tiga faktor yang cukup penting dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik dalam memperoleh pengetahuan. Faktor faktor tersebut adalah : (1) Faktor internal, yaitu keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa, (2) faktor eksternal, yaitu kondisi lingkungan di sekitar peserta didik, (3) faktor pendekatan belajar, yaitu strategi dan metode belajar siswa untuk melakukan kegiatan proses belajar. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang dalam Bahasa inggris disebut dengan field research. Dalam penelitian ini, penulis melakukan kegiatan praktek pengalaman lapangan di SMP Negeri 1 Ulubelu sebagai tempat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu bulan yang berlangsung dari Bulan 16 Februari tahun 2023 sampai 16 Maret tahun 2023. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teknik “purposive sampling” Diperlukan upaya yang harus diterapkan karena ketertarikan siswa dalam mempelajari Al-Qur’an masih kurang. untuk menemukan solusi maka yang harus
diperhatikan adalah tujuan yang pasti karena sebelum menentukan upaya yang akan dilakukan harus merumuskan tujuan yang jelas, upaya adalah suatu Langkah kongkrit yang diambil oleh pendidik dalam menumbuhkan minat belajar. Motivasi belajar baca Al-Qur’an dapat dilakukan dengan melalui dua cara yaitu: a. melalui motivasi intrinsik dengan cara menumbuhkan minat serta memberi
dorongan/support kepada siswa. b. melalui motivasi ekstrinsik dengan cara Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan Pujian dan Komentar, memberikan hadiah, mengadakan kompetisi dan persaingan sehat antar
siswa

Referensi

Muhibbin Syah.1955.Psikologi Pendidikan Suatu Pendidikan Baru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah.1995.Psikologi Pendidikan Suatu Pendidikan Baru.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sri Esti Wuryani Djiwandon.2002.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Grasindo.

Lexy J.Moleong.2008.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto.2006.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: RajaGrafindo.

Miles,B.Matthew & Huberman, A. Michael.1992.Analisis Data Kualitatif.Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Asution.2003.Metode Penelitian Naturalisme Kualitatif.Bandung: Tarsito.

Indrawan WS. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Jombang: Lintas Media.

Peter Salim dan Yeni Salim.2006.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: odern English Press.

Sardiman.A.M.2016.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers.

Sanjaya dan Wina.2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaiful Bahri Djamarah.2015.Guru Dan Anak Didik Dalam InteraksiEdukatif.Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015)

Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Kunandar,Guru Profesional :Implementasi Kurikulum Tinggat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: Raja Wali Pers, 2009

Ramayulius.2013Profesi dan Etika Keguruan.Jakarta: Kalam Mulia

Abbudin Nata.2010.Presektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid.Jakarta:Raja Grafando.

Sudarman Danim.2010.Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru.Bandung: Alfabeta.

Novan Ardy Wiyani.2012.Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa.Yogyakarta:Teras.

Farida Jaya.2015.Perencanaan Pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-09

Cara Mengutip

setiawati, rini, Fikriansyah, & Gita, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus . Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 73–90. Diambil dari https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/32

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama