Internalisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Internalisasi nilai Qur’ani, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar, Pendidikan karakter, Pembelajaran kontekstualAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji internalisasi nilai-nilai Qur’ani dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar melalui metode studi pustaka. Kajian ini menyoroti proses integrasi nilai-nilai agama dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta strategi pembelajaran yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai utama seperti keimanan, kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kasih sayang. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual, keteladanan guru, pembiasaan praktik keagamaan, dan refleksi nilai sangat penting dalam memperkuat internalisasi nilai Qur’ani. Selain itu, peran kurikulum responsif dan media pembelajaran digital juga menunjang efektivitas proses internalisasi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, keterlibatan keluarga, dan kolaborasi lintas lingkungan sebagai kunci keberhasilan implementasi nilai-nilai Qur’ani dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179–188.
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).
Ashoumi, H., & Syarifah, P. (2018). Manajemen Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Strategi Sekolah Melalui Program 5S. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 103–116.
BAYU, C. P. (2023). INTERNALISASI NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN DEWAN DA’WAH KEMILING BANDAR LAMPUNG . UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hamdi, E., Hermatasiyah, N., & Muttaqin, M. F. (2024). Internalisasi Karakter Qur’ani Melalui Bimbingan Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 163–174. https://doi.org/10.35878/GURU.V4I2.1173
Kurnia, A., Effendi, H., & Usmanedi, A. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Kisah Qur’ani Untuk Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Genta Mulia, 13(2).
Nursikin, M., Aji, M., Penelitian, N. B., Pengembangan, D., & Semarang, A. (2021). Internalization Of Qur’anic Values In The Islamic Multicultural Education System. Didaktika Religia, 9(1), 19–38. https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V9I1.3276
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Subagiya, B. (2023a). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318.
Subagiya, B. (2023b). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian PAI.
Suhri, A., & Purnama, S. I. (2024). METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SHOLEH FAUZAN (TELAAH KITAB SYARAH HADIS JIBRIL). Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 51–59.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arisinah, Renita, Tohariah, Kartini Asmaul Husna, Fikriansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.