Peer Review Process

Semua artikel yang dikirimkan ke Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Agama Islam akan melalui proses peer review double-blind. Dalam proses ini, baik identitas penulis maupun mitra bestari (reviewer) dirahasiakan untuk menjaga objektivitas dan integritas penilaian ilmiah.

Prosedur Peer Review:

  1. Pemeriksaan Awal oleh Editor

    • Naskah yang masuk akan diperiksa oleh dewan editor untuk memastikan kesesuaian dengan fokus dan scope jurnal, serta kelengkapan unsur-unsur penulisan ilmiah.

    • Naskah yang tidak sesuai akan ditolak atau dikembalikan untuk direvisi sebelum masuk ke tahap review.

  2. Penunjukan Reviewer

    • Naskah yang lolos seleksi awal akan dikirim kepada dua reviewer independen yang memiliki keahlian sesuai dengan topik artikel.

    • Reviewer ditunjuk berdasarkan kompetensi akademik dan rekam jejak keilmuan.

  3. Proses Penilaian

    • Reviewer menilai naskah berdasarkan aspek orisinalitas, kontribusi ilmiah, kejelasan argumentasi, relevansi dengan topik pendidikan agama Islam, serta kelengkapan referensi ilmiah.

    • Hasil review dapat berupa:
      a) Diterima tanpa revisi
      b) Diterima dengan revisi minor
      c) Diterima dengan revisi mayor
      d) Ditolak

  4. Keputusan Editorial

    • Keputusan akhir terhadap naskah akan dibuat oleh editor berdasarkan masukan dari reviewer.

    • Penulis akan menerima notifikasi resmi melalui sistem OJS atau email.

  5. Revisi dan Finalisasi

    • Penulis diminta melakukan revisi sesuai masukan reviewer dalam waktu yang ditentukan.

    • Naskah hasil revisi akan ditinjau kembali sebelum dinyatakan diterima secara final.

  6. Plagiarisme dan Etika Publikasi

    • Jurnal ini menggunakan perangkat lunak anti-plagiarisme untuk memastikan orisinalitas naskah.

    • Semua penulis wajib mematuhi prinsip-prinsip etika publikasi ilmiah, termasuk keterbukaan data, kejujuran akademik, dan akurasi kutipan.