Peran Guru PIAUD sebagai Teladan Akhlak bagi Anak Usia Dini: Kajian Literatur Islami dan Psikologi Anak

Penulis

  • Wardah Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Novi Herdiyantika Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Rohilah Rohilah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Eka Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Mila Sulistiara Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Jamisah Jamisah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Hikmaria Hikmaria Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

guru PIAUD, teladan akhlak, pendidikan karakter, anak usia dini, pendidikan Islam, psikologi perkembangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sebagai teladan akhlak dalam pembentukan karakter anak usia dini berdasarkan kajian literatur Islami dan psikologi perkembangan anak. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis literatur primer dan sekunder yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa keteladanan guru yang berlandaskan konsep uswah hasanah dalam Islam memiliki pengaruh kuat terhadap internalisasi nilai akhlak pada anak. Dari sisi psikologi, anak usia dini belajar melalui proses peniruan terhadap figur yang menjadi panutan, sehingga sikap dan perilaku guru sangat menentukan perkembangan karakter anak. Penelitian ini menegaskan pentingnya konsistensi perilaku guru dan dukungan sinergis antara guru, lembaga pendidikan, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pembentukan akhlak anak. Implikasi praktisnya adalah perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru PIAUD dalam pengembangan kompetensi akhlak dan psikologis. Temuan ini dapat menjadi rujukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter berbasis nilai Islami pada usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan