Strategi Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam: Studi Kepustakaan

Penulis

  • Dewinta Widhi Hantari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Melyta Yunina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nepita Desi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ana Septiana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Desi Eva Yanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Sopiyati Sopiyati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Kecerdasan Majemuk, Anak Usia Dini, Pendidikan Islam, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kecerdasan majemuk anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam melalui studi kepustakaan. Kecerdasan majemuk yang mencakup berbagai dimensi seperti linguistik, logis-matematis, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan spiritual, sangat penting dikembangkan secara holistik sejak dini. Pendidikan Islam memberikan landasan nilai yang kuat untuk mengintegrasikan pengembangan kecerdasan tersebut dengan pembentukan karakter dan akhlak mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kecerdasan majemuk dalam pendidikan Islam dilaksanakan melalui pembelajaran yang variatif dan adaptif, seperti permainan Islami, seni kaligrafi, aktivitas sosial keagamaan, dan penghafalan doa. Peran guru sebagai uswah hasanah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran ini. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran PAUD Islam yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan potensi anak secara menyeluruh.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan