Strategi Menanamkan Nilai Toleransi dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Literatur dalam Konteks Multikultural

Penulis

  • Fikriansyah Fikriansyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Retno Wulan Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Erika Kurnia Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ahmad Nuri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nursalim Nursalim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, nilai toleransi, multikulturalisme, strategi pembelajaran, kerukunan beragama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penanaman nilai toleransi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah multikultural. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisis berbagai sumber ilmiah terkait integrasi nilai toleransi dalam materi, metode pembelajaran, dan praktik keagamaan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai toleransi melalui materi yang inklusif, metode pembelajaran partisipatif, serta kegiatan keagamaan bersama efektif membentuk karakter multikultural peserta didik. Faktor pendukung seperti kesadaran komponen pendidikan dan pelatihan guru memegang peranan penting, sementara hambatan berupa stereotip dan resistensi dapat diatasi dengan penguatan kurikulum dan literasi multikultural. Implementasi strategi ini menghasilkan lingkungan sekolah yang harmonis dan inklusif. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan untuk mendukung kerukunan dalam masyarakat multikultural.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan