Penguatan Literasi Dini melalui Pendekatan Islami: Tinjauan Teoritis dan Empiris

Penulis

  • Siti Umayah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Dika Aprilia Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Anna Yulias Tanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Zuryanti Zuryanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

literasi dini, pendekatan Islami, pendidikan anak usia dini, nilai Qurani, karakter anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan literasi dini melalui pendekatan Islami dari perspektif teoritis dan empiris. Literasi dini dalam Islam tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan pemahaman nilai-nilai Qurani, moralitas, dan spiritualitas anak sejak usia dini. Pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka digunakan dalam penelitian ini, dengan analisis konten tematik terhadap berbagai literatur primer dan sekunder. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan Islami dalam literasi dini mampu meningkatkan minat baca, pemahaman nilai moral, serta membentuk karakter anak yang berakhlak mulia. Integrasi Al-Qur’an, doa, dan cerita Islami dalam proses literasi terbukti efektif dalam memperkuat aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Selain itu, temuan empiris mengungkap adanya korelasi positif antara pendidikan literasi Islami dengan motivasi belajar dan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara guru dan orang tua serta penyediaan sumber belajar Islami yang memadai untuk mendukung keberhasilan program literasi dini berbasis nilai Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Terbitan

Bagian

Terbitan