Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Keluarga Muslim: Analisis Literatur Islami dan Psikopedagogis

Penulis

  • Ajeng Ninda Uminar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Romini Romini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nova Riana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • May Herliyanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Rosita Rosita Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Zuraina Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

pendidikan karakter, anak usia dini, keluarga Muslim, nilai Islam, psikopedagogi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga Muslim dengan pendekatan studi pustaka berbasis literatur Islami dan psikopedagogis. Pendidikan karakter dalam Islam menekankan pentingnya adab, nilai-nilai moral, dan keteladanan, dengan landasan utama Al-Qur’an dan Hadis. Orang tua sebagai pendidik pertama memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kasih sayang melalui pembiasaan dan keteladanan. Perspektif psikopedagogis melengkapi pendekatan ini dengan menyesuaikan strategi pendidikan terhadap perkembangan emosi, sosial, dan moral anak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dan prinsip psikopedagogis menghasilkan pendekatan pendidikan karakter yang holistik dan aplikatif, yang dapat memperkuat pembentukan karakter Islami anak dalam konteks keluarga.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan