Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Sekolah Dasar dalam Perspektif Pendidikan Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian Pustaka

Penulis

  • Sandi Pradana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Eka Ria Septiyani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Bellani Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nur Rohmawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

keterampilan berbahasa, pembelajaran Bahasa Indonesia, Madrasah Ibtidaiyah, pendidikan dasar, nilai keislaman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan keterampilan berbahasa anak usia sekolah dasar dalam perspektif pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis harus dilakukan secara terpadu dan kontekstual dengan mempertimbangkan aspek kognitif, afektif, dan sosial-budaya siswa. Strategi pembelajaran yang efektif di MI perlu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, menggunakan media yang relevan, serta memperhatikan karakteristik lingkungan religius seperti budaya pesantren. Guru memegang peran penting dalam mengelola proses pembelajaran bahasa agar mampu membentuk siswa yang tidak hanya kompeten secara linguistik, tetapi juga berkarakter religius dan berakhlak mulia. Temuan ini memperkuat pentingnya perancangan strategi pengembangan keterampilan berbahasa yang holistik dan berbasis nilai untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan