Peran Guru PAI sebagai Agen Moderasi Beragama: Tinjauan Teoretis dan Konseptual

Penulis

  • Lukman Surya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Kurniawaan Kurniawaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Farisanudin Farisanudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Dalhar Dalhar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Muhammad Salman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Moderasi Beragama, Guru PAI, Pendidikan Agama Islam, Pluralisme, Toleransi, Pendidikan Inklusif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai agen moderasi beragama dalam konteks pendidikan di Indonesia. Kajian dilakukan secara teoretis dan konseptual dengan menggunakan metode penelitian pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis sebagai teladan dan fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, yang meliputi sikap toleran, inklusif, dan anti-kekerasan. Implementasi moderasi beragama oleh guru PAI penting untuk membangun iklim pendidikan yang kondusif bagi penghargaan terhadap keberagaman serta penguatan persatuan bangsa. Meskipun terdapat berbagai tantangan, seperti ideologi ekstrem dan keterbatasan sumber daya, strategi pelatihan guru, penguatan kurikulum, dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan dapat memperkuat peran guru dalam moderasi beragama. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan pendidikan agama Islam yang moderat dan inklusif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan