Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka: Kajian Kepustakaan

Penulis

  • Nuris Ainun Najib Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nila Mardiana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Winda Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Afif Anshori Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Difa Alberic Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Integrasi nilai Islam, Kurikulum Merdeka, Pendidikan karakter, Pendidikan Islam, Pembelajaran kontekstual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka melalui pendekatan studi pustaka. Kurikulum Merdeka sebagai inovasi pendidikan nasional memberikan fleksibilitas dan otonomi bagi guru serta sekolah dalam mengembangkan materi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal. Nilai-nilai Islam seperti tauhid, akhlak mulia, ibadah, ilmu pengetahuan, dan tanggung jawab sosial menjadi landasan penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dapat dilakukan melalui pendekatan tematik dan lintas disiplin dengan metode pembelajaran kontekstual dan kolaboratif. Tantangan utama meliputi keterbatasan pemahaman guru dan keragaman peserta didik, yang dapat diatasi dengan pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan yang sinergis. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pendidikan berbasis nilai keislaman.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan