Urgensi Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini: Telaah Literatur Pendidikan Islam Klasik dan Modern

Penulis

  • Tuti Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Irnida Irnida Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Marniah Marniah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Murtiana Murtiana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Sindi Yulianti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

pendidikan tauhid, anak usia dini, literatur Islam klasik, literatur Islam modern, pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pendidikan tauhid pada anak usia dini melalui telaah literatur pendidikan Islam klasik dan modern. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menganalisis konsep pendidikan tauhid dari kitab-kitab klasik serta literatur kontemporer yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan tauhid merupakan fondasi utama dalam pembentukan identitas keislaman dan karakter anak sejak masa emas perkembangan. Literatur klasik menekankan pentingnya pembiasaan, keteladanan, dan pengajaran sistematis, sedangkan literatur modern mengadopsi pendekatan inovatif yang memanfaatkan teknologi dan metode pembelajaran interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi kedua pendekatan tersebut dalam kurikulum pendidikan tauhid anak usia dini untuk menciptakan model pembelajaran yang holistik dan efektif. Implikasi praktisnya adalah penguatan pendidikan tauhid yang adaptif terhadap perkembangan zaman sekaligus mempertahankan nilai-nilai Islam yang autentik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan