Konsep Tarbiyah menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer

Penulis

  • Muhammad Dzihab Aminudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Alvy Aryda Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Andestarini Andestarini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Isnatul Mualimah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Habibah Habibah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Tarbiyah, Imam Al-Ghazali, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kontemporer, Pembentukan Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep tarbiyah menurut Imam Al-Ghazali serta relevansinya terhadap pendidikan agama Islam kontemporer. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk menggali makna tarbiyah secara mendalam berdasarkan karya-karya Al-Ghazali dan literatur terkait pendidikan Islam modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarbiyah menurut Al-Ghazali merupakan proses pendidikan holistik yang meliputi penyucian jiwa, pembentukan akhlak mulia, dan pengembangan ilmu pengetahuan. Konsep ini sangat relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan Islam masa kini yang menuntut integrasi nilai spiritual, moral, dan intelektual. Penelitian ini merekomendasikan penguatan peran guru sebagai murabbi dan pengembangan model pembelajaran yang adaptif untuk membentuk generasi Muslim berkarakter dan beriman.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan