Pendidikan Islam Berbasis Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Literatur

Penulis

  • Muhammad Dzihab Aminudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ahmad Taufik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Susmawan Susmawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Yasin Mustakim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ikhsan Khoiri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Siti Nurjanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, keluarga, kepribadian anak, pendidikan karakter, studi pustaka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan implementasi pendidikan Islam berbasis keluarga dalam pembentukan kepribadian anak melalui pendekatan studi pustaka. Pendidikan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang berperan besar dalam membentuk karakter moral, spiritual, sosial, dan emosional anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran aktif orang tua dalam memberikan keteladanan, pembiasaan nilai-nilai keislaman, serta komunikasi yang efektif menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan Islam dalam keluarga. Faktor internal seperti pemahaman agama orang tua dan dukungan emosional anak, serta faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan dan teknologi, turut memengaruhi efektivitas pendidikan ini. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara keluarga dan lembaga pendidikan formal serta perlunya peningkatan kapasitas orang tua dalam mengelola pendidikan agama secara berkelanjutan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan