Manajemen Kepemimpinan Transformasional dalam Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Konseptual dan Literatur

Penulis

  • Dini Pepilina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Sumarno Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Hilaluddin Hilaluddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Safei Safei Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

kepemimpinan transformasional, pendidikan Islam, manajemen pendidikan, nilai-nilai Islam, inovasi kepemimpinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan implementasi kepemimpinan transformasional dalam manajemen lembaga pendidikan Islam melalui pendekatan studi pustaka. Kepemimpinan transformasional dipahami sebagai model kepemimpinan yang mengedepankan perubahan positif melalui pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Temuan menunjukkan bahwa prinsip-prinsip ini sejalan dengan nilai-nilai Islam seperti amanah, uswah hasanah, dan islah, sehingga memungkinkan integrasi antara visi religius dan inovasi pendidikan. Berbagai studi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berkontribusi pada peningkatan kinerja guru, motivasi belajar siswa, serta pembentukan budaya organisasi yang kolaboratif dan religius. Namun, penerapannya masih menghadapi hambatan berupa keterbatasan pemahaman pemimpin, resistensi budaya organisasi, dan minimnya pelatihan kepemimpinan berbasis nilai Islam. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan profesional yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip spiritual Islam untuk memperkuat efektivitas dan keberlanjutan kepemimpinan transformasional dalam pendidikan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan