Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kurikulum PAUD: Tinjauan Literatur

Penulis

  • Wardah Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Meli Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Siti Nur Kholifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Wanatul Umroh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Yunida Yunida Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Apriyanti Apriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Eriyani Eriyani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

pendidikan Islam, PAUD, nilai keislaman, kurikulum, pembelajaran tematik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Fokus penelitian ini meliputi identifikasi nilai-nilai Islam yang relevan, integrasinya dalam tujuan kurikulum, pelaksanaan dalam proses pembelajaran, serta peran guru dan lingkungan. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti akidah, ibadah, akhlak, dan sosial dapat diinternalisasikan melalui pendekatan tematik, metode pembelajaran aktif, dan kegiatan pembiasaan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Peran guru sebagai teladan serta keterlibatan orang tua menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan integrasi nilai tersebut. Meskipun terdapat tantangan, seperti kurangnya media pembelajaran Islami dan keterbatasan pemahaman guru, solusi melalui pelatihan, pengembangan media, dan kolaborasi lintas lembaga dapat mengatasi hambatan tersebut. Kajian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pendidikan Islam anak usia dini serta menawarkan rekomendasi praktis bagi pelaku pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan