Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an dan Hadis: Kajian Literatur terhadap Implementasi di Sekolah

Penulis

  • Muhammad Dzihab Aminudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Hilmi Hilmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Dian Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Desta Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Indah Komala Indah Komala Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

pendidikan akhlak, Al-Qur’an, Hadis, sekolah, nilai Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan akhlak berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis serta menganalisis implementasinya dalam konteks pendidikan formal di sekolah. Dengan menggunakan metode studi pustaka (library research) yang bersifat deskriptif-kualitatif, penelitian ini menghimpun data dari sumber primer (Al-Qur’an dan Hadis) dan sekunder (jurnal ilmiah, buku, serta penelitian terdahulu) yang relevan dengan tema akhlak Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak dalam perspektif Islam menekankan pembentukan karakter melalui tauhid, ketaatan kepada Allah dan Rasul, serta penanaman nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan kasih sayang. Sekolah memiliki peran strategis dalam mengimplementasikan nilai-nilai tersebut melalui kurikulum, keteladanan guru, dan pembiasaan dalam aktivitas pendidikan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi nilai-nilai akhlak Islam secara sistematis dalam sistem pendidikan nasional guna mencetak generasi yang berilmu, beriman, dan berakhlak mulia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan