Model Pembelajaran Bermain Sambil Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kata Kunci:
bermain sambil belajar, PAUD Islam, pendidikan karakter, pembelajaran holistik, fitrah anakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran bermain sambil belajar dalam perspektif pendidikan Islam anak usia dini (PAUD). Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi pustaka, yang mengandalkan sumber-sumber literatur primer dan sekunder, seperti Al-Qur’an, Hadis, kitab klasik pendidikan Islam, serta jurnal ilmiah dan buku-buku akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain merupakan sarana alami anak dalam belajar dan berkembang, mencakup aspek kognitif, afektif, sosial, motorik, dan bahasa. Dalam konteks pendidikan Islam, metode ini sejalan dengan prinsip fitrah, rahmah, dan tazkiyatun nafs, sehingga memungkinkan pembelajaran agama yang menyenangkan, bermakna, dan membentuk karakter. Model ini dinilai sangat efektif untuk diterapkan di lembaga PAUD Islam sebagai pendekatan pembelajaran holistik berbasis nilai-nilai Islam.Unduhan
Diterbitkan
2025-06-29
Terbitan
Bagian
Terbitan
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.