Model Pembelajaran Bermain Sambil Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Penulis

  • Ajeng Ninda Uminar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Rika Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Rosdiana Rosdiana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Salinah Salinah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ayudhia Septa Hardini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Dibarokatun Dibarokatun Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

bermain sambil belajar, PAUD Islam, pendidikan karakter, pembelajaran holistik, fitrah anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pembelajaran bermain sambil belajar dalam perspektif pendidikan Islam anak usia dini (PAUD). Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi pustaka, yang mengandalkan sumber-sumber literatur primer dan sekunder, seperti Al-Qur’an, Hadis, kitab klasik pendidikan Islam, serta jurnal ilmiah dan buku-buku akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain merupakan sarana alami anak dalam belajar dan berkembang, mencakup aspek kognitif, afektif, sosial, motorik, dan bahasa. Dalam konteks pendidikan Islam, metode ini sejalan dengan prinsip fitrah, rahmah, dan tazkiyatun nafs, sehingga memungkinkan pembelajaran agama yang menyenangkan, bermakna, dan membentuk karakter. Model ini dinilai sangat efektif untuk diterapkan di lembaga PAUD Islam sebagai pendekatan pembelajaran holistik berbasis nilai-nilai Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29

Terbitan

Bagian

Terbitan