Alat Permainan Edukatif Puzzle Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Nurul Islam Purwosari
Kata Kunci:
Deskripsi Kualitatif, Kemampuan kognitif, PuzzleAbstrak
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif ini yang bertujuan untuk mengetahui penerapan alat permainan edukatif puzzle dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan subjek guru dan anak yaitu 1 orang guru dan 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Paud Nurul Islam Purwosari bahwa penerapan alat permainan edukatif puzzle telah dilaksanakan, tetapi langkah-langkah dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teori Subagio dan Situmorang, masih ada satu langkah yang belum diterapkan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle dan membebaskan anak untuk memilih berbagai jenis puzzle yang mereka sukai. Tetapi di Paud ini guru langsung membagi puzzle kepada anak didik. Dan jenis puzzle yang dibagi semua disamakan oleh guru. Dari hasil perkembangan Kognitif anak dalam kategori belum berkembang ada 0 anak (0%), mulai berkembang ada 7 anak (46%), berkembang sesuai harapan ada 5 anak (33%) dan berkembang sangat baik ada 3 anak (20%).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Umayah, Supinah Supinah, Junaenah Junaenah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.