Penerapan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Di PAUD Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus
Kata Kunci:
Metode Iqro', Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah, PAUD Tunas BangsaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui perencanaan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan membaca Huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. 3) Untuk mengetahui systemevaluasi membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru-guru dan orang tua siswa Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus. Analisis data dilakukan dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Teknik penjamin keabsahan data didasarkan pada empat kategori yaitu: uji kredibilitas (kepercayaan), transferabilitas (keteralihan), dependebilitas (kebergantungan) dan konfirmabilitas (kepastian), diuji secara tringulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Penerapan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus sudah tertulis di dalam rencana kegiatan harian (RKH). 2) Pelaksanaan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus sudah baik namun masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. 3) Evaluasi pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ di Paud Tunas Bangsa Pekon Batu Patah Tanggamus dapat dikatakan masih belum terlaksana secara baik
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wardah Anggraini, Devi Meli Lestari, Siti Nur Kholifah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.