Penerapan Problem Based Learning Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Di MA Nurul Islam Gunung Sari

Penulis

  • Lukman Surya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Siti Mafiroh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Devi Yugita Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Penerapan Metode Pembelajaran, Metode, Problem Based Learning

Abstrak

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap globalisasi yang terjadi di dunia ini, sikap siswa di zaman modern ini, terutama siswa remaja yang kurangnya adab, pergaulan bebas dan sopan santun terhadap yang lebih tua. Salah satu madrasah aliyah di kecamatan Ulu Belu memilih metode Problem Based Learning dalam menanamkan nilai-nilai religius diera modern ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius melalui pengetahuan dan mampu mengamalkan kegiatan nilai-nilai religius di sekolah atau dikehidupan sehari-hari, agar menjadi siswa yang memiliki moral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilaksanakan di MA Nurul Islam Gunung Sari dengan sampel 1 kelas hanya kelas X. fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Problem Based Learning. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data dengan deskriptif-analitik untuk mengetahui karakteristik, teknik, serta permasalahan yang muncul dalam penerapan metode Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode Problem Based Learning cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas (2) kesulitan yang dialami peneliti adalah membangun suasana kelas yang demokrasi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-20

Terbitan

Bagian

Terbitan