Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharmawanita Pekon Lengkukai Kabupaten Tanggamus

Penulis

  • Siti Umayah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nur Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nuraini Nuraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Metode Bermain Peran, Interpersonal, Anak Usia Dini

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia 5 – 6 tahun. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengamati atau mengerti maksud, motivasi, dan perasaan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti berusaha untuk meneliti objek secara alamiah sesuai dengan situasi yang terjadi di lapangan dan diuraikan dengan menggunakan kata-kata. Latar penelitian ini berlokasi di Kecamatan Lengkukai Kabupaten Tanggamus. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa usia 5-6 tahun di PAUD Dharmawatita. Temuan dari penelitian ini adalah  penerapan metode bermain peran (Role Playing) untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak di TK Dharmawanita Lengkukai Tanggamus sudah baik. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan metode bermain peran (Role Playing) dapat mengembangkan kecerdasan Interpersonal anak. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan metode bermain peran (Role Playing) untuk mengembangkan kecerdasan Interpersonal anak di TK Dharmawanita Lengkukai Tanggamus sudah melakukan langkah-langkah dalam bermain peran yakni dimulai dari guru menetapkan dan memilih tema terlebih dahulu, lalu membuat naskah atau jalan cerita, guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan kemudian menjelaskan tentang teknik yang akan dimainkan, memilih dan menetapkan peran yang akan dimainkan anak, menceritakan sambil mengatur adegan pertama, lalu mendiskusikan serta melakukan evaluasi dalam pembelajaran. Walau pun anak yang memainkan peran saat pertama main adalah anak yang ditunjuk guru namun guru dalam penerapannya mengajukan atau memberi kesempatan kepada anak untuk bermain seperti temannya. Oleh karenanya, kecerdasan Interpersonal anak sudah berkembang sesuai harapan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-20

Terbitan

Bagian

Terbitan