EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL MELATIH PENDENGARAN DAN DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI PAUD AL-KHOIRIYAH PEKON SUKUPADANG KECAMATAN CUKUH BALAK TANGGAMUS

Penulis

  • Tuti Puspitasari STIT Tanggamus
  • Hasnawati STIT Tanggamus
  • Rozaidawati STIT Tanggamus

Kata Kunci:

Audio visual, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan metode audio visual dalam melatih pendengaran dan daya ingat pada anak usia dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Khoiriyah, Pekon Sukupadang, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi anak-anak terhadap metode audio visual yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui observasi partisipatif selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan anak-anak, serta pengumpulan data berupa catatan lapangan dan rekaman video dari interaksi di kelas.

Analisis data akan dilakukan dengan pendekatan induktif, yang akan mencakup proses pengkodean dan tema yang muncul dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang efektivitas metode audio visual dalam melatih pendengaran dan daya ingat anak usia dini, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman belajar anak dalam penggunaan metode ini.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi praktisi pendidikan anak usia dini dan pihak terkait dalam mengoptimalkan penerapan metode audio visual yang lebih efektif dalam meningkatkan pendengaran dan daya ingat anak di lingkungan PAUD Al-Khoiriyah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-21

Terbitan

Bagian

Terbitan