Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Lembaga Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Manajemen Berbasis Sekolah, pendidikan Islam, desentralisasi, kepemimpinan islami, partisipasi masyarakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, relevansi, faktor pendukung dan penghambat, serta strategi optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam konteks lembaga pendidikan Islam melalui pendekatan studi pustaka. MBS merupakan pendekatan desentralisasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah dalam pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, dan partisipasi masyarakat. Dalam konteks pendidikan Islam, penerapan MBS relevan dengan nilai-nilai syura, amanah, dan ihsan. Hasil kajian menunjukkan bahwa optimalisasi MBS membutuhkan kepemimpinan transformasional, pelibatan aktif pemangku kepentingan, serta pemanfaatan teknologi informasi. Namun, implementasinya masih menghadapi kendala seperti rendahnya kapasitas manajerial, budaya birokrasi sentralistik, dan minimnya partisipasi masyarakat. Strategi yang disarankan mencakup pelatihan kepemimpinan islami, penguatan kolaborasi dengan masyarakat Islam, serta integrasi teknologi dan sistem keuangan syariah dalam tata kelola sekolah. Temuan ini menegaskan pentingnya MBS sebagai instrumen peningkatan mutu pendidikan Islam yang kontekstual dan berkelanjutan.
Referensi
Akhyar, Y., Manajemen, ), Islam, P., Kasim, S., & corresponding Author, R. (2024). Faktor-faktor Penghambat Implementasi Manajemen Mutu dalam Pendidikan Islam di Marasah Aliyah Swasta. Journal of Education Research, 5(1), 711–717. https://doi.org/10.37985/JER.V5I1.917
Amiruddin, A., & Munirah, M. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: TANTANGAN DAN SOLUSI. IQRA : JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 156–165. https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/16972
Asyibli, B., Maulida, R. S., Zohriah, A., & Bachtiar, M. (2025). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Satuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 13(1), 75–98. https://doi.org/10.24090/JK.V13I1.13393
Khalifah Mustami, M., & Naro, W. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK - Copy. Manajemen Pendidikan, 14(2), 100–107. https://doi.org/10.23917/JMP.V14I2.8768
Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK.
Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. PT Rineka Cipta.
Prof.Dr.Sugiyono. (2016). Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Bandung; : Alfabeta;, 2016;
Ryuzen, R. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145–165. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I2.2122
Saharuddin, N., Fellang, I., & Manjal, M. (2025). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH : KAJIAN LITERASI TENTANG PENGERTIAN, TUJUAN, PRINSIP DAN MODEL PENERAPAN MBS DI MADRASAH. NineStars Education, 6(1), 24–35. https://doi.org/10.59638/Ninestars.v6i1.440
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Wulandari, A. D., Juniâ€TMah, J., & Susilawati, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 147–157. https://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2219
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dwi Puspitasari, Rindi Nawangsari, Muhamad Rif’an

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.