Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, karakter siswa, era digital, literasi moral digital, pembelajaran berbasis nilaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Islam dalam pembentukan karakter siswa di era digital melalui pendekatan studi pustaka. Era digital membawa tantangan signifikan terhadap perkembangan moral dan spiritual siswa, seperti maraknya informasi tidak terverifikasi, pengaruh negatif media sosial, serta budaya instan yang dapat melemahkan nilai-nilai karakter. Pendidikan Islam menawarkan solusi konseptual dan praktis melalui penanaman nilai-nilai utama seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kasih sayang yang terintegrasi dalam proses pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dengan literasi digital dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk karakter siswa yang religius, adaptif, dan kritis terhadap dinamika zaman. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam dan dukungan sinergis antara sekolah, guru, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan pendidikan karakter yang relevan di era digital.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179–188.
Arifuddin, A., Yosi, N., & Marlina, M. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 70–78.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Diantika, P., & Cahyani, A. I. (2022). Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Hindu Transmigran Di Kecamatan Landono Sulawesi Tenggara. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 66–82.
Maulana, M. N. A. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakater Siswa di Era Digital 4.0. Meriva: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(01), 125–138.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.
Pitri, D., Somad, M. A., & Firmansyah, M. I. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Siswa di Era Digital: Tantangan dan Peluang. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 22(1), 1–15.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Zaman, M. (2018). Islamic Education: Philosophy. 61–75. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64683-1_2
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irfan Fachriza, Samsul Muarif, Imrotus Soleha, Ida Sairoh, Trias Andika MS

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.