Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital

Penulis

  • Irfan Fachriza Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Samsul Muarif Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Imrotus Soleha Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ida Sairoh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Trias Andika MS Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, karakter siswa, era digital, literasi moral digital, pembelajaran berbasis nilai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Islam dalam pembentukan karakter siswa di era digital melalui pendekatan studi pustaka. Era digital membawa tantangan signifikan terhadap perkembangan moral dan spiritual siswa, seperti maraknya informasi tidak terverifikasi, pengaruh negatif media sosial, serta budaya instan yang dapat melemahkan nilai-nilai karakter. Pendidikan Islam menawarkan solusi konseptual dan praktis melalui penanaman nilai-nilai utama seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kasih sayang yang terintegrasi dalam proses pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dengan literasi digital dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk karakter siswa yang religius, adaptif, dan kritis terhadap dinamika zaman. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam dan dukungan sinergis antara sekolah, guru, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan pendidikan karakter yang relevan di era digital.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Agusta, I. (2003). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10), 179–188.

Arifuddin, A., Yosi, N., & Marlina, M. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 70–78.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Diantika, P., & Cahyani, A. I. (2022). Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Hindu Transmigran Di Kecamatan Landono Sulawesi Tenggara. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 5(2), 66–82.

Maulana, M. N. A. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakater Siswa di Era Digital 4.0. Meriva: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(01), 125–138.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833.

Pitri, D., Somad, M. A., & Firmansyah, M. I. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Karakter Siswa di Era Digital: Tantangan dan Peluang. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 22(1), 1–15.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Zaman, M. (2018). Islamic Education: Philosophy. 61–75. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64683-1_2

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Fachriza, I., Muarif, S., Soleha, I., Sairoh, I., & Andika MS, T. (2025). Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(1), 16–22. Diambil dari https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/151