Konsep Pembelajaran Tematik Integratif dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kata Kunci:
pembelajaran tematik integratif, pendidikan Islam, anak usia dini, karakter Islami, kajian pustakaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pembelajaran tematik integratif dalam konteks pendidikan Islam anak usia dini melalui pendekatan studi pustaka. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan yang menyatukan berbagai bidang studi ke dalam satu tema sentral guna menciptakan pengalaman belajar yang utuh dan bermakna bagi anak. Dalam pendidikan Islam, model ini sejalan dengan prinsip holistik yang menekankan integrasi antara iman, ilmu, dan amal serta pembentukan karakter Islami sejak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik tidak hanya efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai Qur’ani dan akhlakul karimah secara organik dalam proses belajar. Meskipun demikian, implementasi pendekatan ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan kompetensi guru dan minimnya sumber belajar tematik berbasis Islam. Oleh karena itu, diperlukan dukungan berupa pelatihan berkelanjutan dan pengembangan media pembelajaran Islami yang aplikatif untuk memaksimalkan manfaat pendekatan ini.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
AMANAH, I. F. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS III SD GIRIWUNGU KRADENAN GIRIREJO IMOGIRI BANTUL [Doctoral dissertation]. IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53.
Assingkily, M. S., & Barus, U. S. B. (2019). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi dalam Islam). NIZHAMIYAH, 9(2).
Bella, S., & Santosa, S. (2024). Pembelajaran Tematik (Metodologi dalam Islam). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1185–1193.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2020). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 196–204.
Fatchurrohman, F. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal Dan Internal Di Madrasah Ibtidaiyah. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 329–350.
Firdaus, F. M. (2021). Pelatihan implementasi pembelajaran tematik (Learning by Doing) berbasis diversity dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(2), 115–122.
Hapsari, I. P. (2022). AI Chatbots Learning Model in English Speaking Skill: Alleviating Speaking Anxiety, Boosting Enjoyment, and Fostering Critical Thinking. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) (Vol. 13449, pp. 444–453). https://doi.org/10.1007/978-3-031-15273-3_49
Harahap, A. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21–38.
Muhsinin, U., Musyaddad, K., & Azim, F. (2019). Implementasi pembelajaran tematik integratif berbasis karakter di sdit Kota Jambi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 51–68.
Prastowo, A. (2014). Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Widiastuti, Y. K. W., Mujiyati, S., & Agustina, P. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 61–68.
Rusmawati, R., Nisa, N. R. S. Z., & Nisa, Z. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Interdisiplin Di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 90–101.
Salamah, U. (2017). Model pembelajaran tematik pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 119–132.
Sari, A. M., & Fathoni, A. (2022). Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5037–5043.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Pabriyanti, Sri Margiati, Yuliawati, Robainah, Ajeng Ninda Uminar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.