Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam

Penulis

  • Tati Afria Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Dewi Nur Prastiti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Tuti Puspita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

Perkembangan bahasa, anak usia dini, pendidikan Islam, stimulasi bahasa, pembentukan karakter

Abstrak

Penelitian ini membahas perkembangan bahasa pada anak usia dini dari perspektif pendidikan Islam melalui kajian literatur. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai media pembentukan karakter dan akhlak mulia sesuai nilai-nilai Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak berlangsung secara bertahap dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan, interaksi sosial, serta stimulasi yang diberikan oleh keluarga dan pendidik. Pendidikan Islam menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran bahasa, seperti penggunaan kalimat thayyibah dan keteladanan orang tua sebagai madrasah pertama. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa, tetapi juga membangun kesadaran moral dan religius sejak usia dini. Studi ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembangan pendidikan anak usia dini yang holistik dan berakar pada nilai-nilai Islam.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Agama, D. (2019). al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Cordoba.

Awliyah, R., Suyadi, S., Jannah, F. R., & Mustofa, A. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 99–106.

Barus, N. (2022). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak di RA Hj Zahara. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 142–149.

Chater, N., & Christiansen, M. H. (2018). Language acquisition as skill learning. Current Opinion in Behavioral Sciences, 21, 205–208.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dewi, Y. A. S. (2015). Pola Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 181–191.

Goodluck, H. (1991). Language acquisition: A linguistic introduction. Basil Blackwell.

Hart, B., & Risley, T. R. (1996). Meaningful differences in the everyday experience of young American children. Community Alternatives, 8, 92–93.

Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75–94.

Iryana, R. K. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Jurnal Ekonomi Syariah STAIN Sorong.

Lubis, H. Z. (2018). Metode pengembangan bahasa anak pra sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2).

Melawati, M., & Eli, A. (2023). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kober Idrisiyyah Pangligaran. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–13.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183–196.

Murgiyanti, M., Sumarno, S., & Muhtarom, M. (2023). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Almawaddah Semarang. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 211–226.

Owens, R. E. (2016). Language Development: An Introduction 9e. Boston: Pearson Education.

Pratama, L. R., & Priyantoro, D. E. (2017). Urgensi pengembangan bahasa verbal dan non verbal anak usia dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 245–256.

Purnamasari, D., & Qurniatun, I. (2023). ASPEK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DALAM SURAT AL KAHFI AYAT 109 DAN SURAT THAHA AYAT 25-28. Jurnal Warna, 7(2), 13–25.

Putri, A. B. E., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan berbicara anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45.

Sukrin, H. T., & Abdussahid, A. (2019). Metode Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 198–206.

Tomasello, M. (2005). Constructing a language: A usage-based theory of language acquisition. Harvard university press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Afria, T., Nur Prastiti, D., & Puspita Sari, T. (2025). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(1), 31–37. Diambil dari https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/153