Peran Kurikulum PAI dalam Membentuk Kesadaran Beragama Peserta Didik
Kata Kunci:
Kurikulum PAI, Kesadaran Beragama, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter, Studi KonseptualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk kesadaran beragama peserta didik secara konseptual. Metode yang digunakan adalah studi konseptual dengan pendekatan kualitatif melalui kajian literatur terhadap teori dan konsep terkait kurikulum PAI serta pembentukan kesadaran beragama. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum PAI berfungsi sebagai pedoman terintegrasi yang tidak hanya mengajarkan aspek ritual dan teoretis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai akhlak, spiritual, dan sosial yang esensial dalam pembentukan karakter Islami peserta didik. Keberhasilan implementasi kurikulum sangat bergantung pada kualitas guru, lingkungan belajar, dan dukungan sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum PAI yang adaptif dan inovatif, termasuk pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan efektivitas pembentukan kesadaran beragama yang relevan dengan perkembangan zaman. Studi ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan agama Islam yang berkualitas dan berkelanjutan.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Almu’tasim, A. (2019). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Prof. Dr. Muhaimin, Ma. Pena Islam, 3(1).
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ersi, E., Mulyadi, A., Noviani, D., & Hilmin, H. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 95–106.
Fitri, A. N. (2022). Moderasi Beragama dalam Tayangan Anak-anak; Analisis Isi Tayangan Nussa dan Rara Episode Toleransi. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(1), 129–146.
Hambali, D., & Asyafah, A. (2020). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam di pendidikan tinggi vokasi. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(2).
Iryana, R. K. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Jurnal Ekonomi Syariah STAIN Sorong.
Janah, F., Asror, F. M., & Purnomo, E. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam: Hakikat dan Komponen Pengembangannya. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 249–259.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Mahmudah, I., & Hidayat, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 859–868.
Najikh, M. A., Datyani, A. R., Syahdan, M. Z., & Fauziah, E. R. (2024). ANALISIS KERANGKA KONSEPTUAL, BENTUK, SERTA TEKNIK PEMILIHAN MODEL PEMBELAJARAN PAI. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 44–57.
Noorzanah, N. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. ITTIHAD, 15(28), 68–74.
Nurrahmawati, Y. T. (2020). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Islamic Akademika, 6(1), 140–159.
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Ramlah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TK Kartini Desa Tandaigi Kecamatan Siniu Kabupaten Parigi Moutong [Doctoral dissertation]. IAIN Palu.
Riswandi, A., & Ningsih, T. Y. (2023). Memahami Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(1), 14–26.
Samad, S. A. A. (2021). Diskursus hakikat kurikulum pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97–108.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Tarigan, I. W. B., Saragih, E., & Halimah, S. (n.d.). ANALISIS KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA SERTA FUNGSI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Wahib, A., & Nafi’ah, A. Z. (n.d.). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA Oleh.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tasyono, Anggi Kustia Rini, Nuris Ainun Najib

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.