Media Edukatif Islami dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Kata Kunci:
media edukatif Islami, pendidikan anak usia dini, karakter Islami, studi konseptual, pengembangan mediaAbstrak
Penelitian ini membahas konsep media edukatif Islami dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui studi konseptual berbasis kajian pustaka. Media edukatif Islami berperan penting dalam menyampaikan nilai-nilai agama serta membentuk karakter dan akhlak anak secara efektif dan menyenangkan. Kajian ini menguraikan karakteristik media edukatif Islami, manfaat penggunaannya dalam PAUD, serta tantangan yang dihadapi dalam pengembangan dan implementasinya. Strategi pengembangan media edukatif Islami yang efektif juga dikaji, meliputi kolaborasi multidisipliner dan pemanfaatan teknologi digital. Hasil penelitian diharapkan menjadi landasan teoritis bagi pengembangan media edukatif Islami yang berkualitas dan aplikatif untuk mendukung pendidikan karakter pada anak usia dini.
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.
Agus, Z. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah , 3(1), 39–56.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (Vol. 15). Rajawali Pers.
Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.28944/AFKAR.V5I1.108
Citra Dini Dwi Puspitasari, A., & Rahmawati. (2021). Peran Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat Membaca Siswa Tk Al-Aflah Jagakarsa, Jakarta Selatan. In Community Engagement & Emergence Journal (Vol. 2). https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Natsir, T. A. L. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini: (Sebuah Kajian Teori dan Praktik) (K. U. Nur, Ed.). IAIN Parepare Nusantara Press.
Nurdyansyah, O., Pd, S., & Pd, M. (2021). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press, 0, 1–105. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3
Parapat, A., Lubis, S. I. A., & Tumiran, T. (2022). PERAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD UMMUL HABIBAH KELAMBIR V MEDAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3408–3419.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Syukri, S. (2021). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 4(1), 16–23. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/240
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Wulandari, Novaliyana, Wardah Anggraini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.