Media Edukatif Islami dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Penulis

  • Siti Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Novaliyana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Wardah Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

media edukatif Islami, pendidikan anak usia dini, karakter Islami, studi konseptual, pengembangan media

Abstrak

Penelitian ini membahas konsep media edukatif Islami dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui studi konseptual berbasis kajian pustaka. Media edukatif Islami berperan penting dalam menyampaikan nilai-nilai agama serta membentuk karakter dan akhlak anak secara efektif dan menyenangkan. Kajian ini menguraikan karakteristik media edukatif Islami, manfaat penggunaannya dalam PAUD, serta tantangan yang dihadapi dalam pengembangan dan implementasinya. Strategi pengembangan media edukatif Islami yang efektif juga dikaji, meliputi kolaborasi multidisipliner dan pemanfaatan teknologi digital. Hasil penelitian diharapkan menjadi landasan teoritis bagi pengembangan media edukatif Islami yang berkualitas dan aplikatif untuk mendukung pendidikan karakter pada anak usia dini.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Agus, Z. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). RAUDHAH Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah , 3(1), 39–56.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (Vol. 15). Rajawali Pers.

Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.28944/AFKAR.V5I1.108

Citra Dini Dwi Puspitasari, A., & Rahmawati. (2021). Peran Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat Membaca Siswa Tk Al-Aflah Jagakarsa, Jakarta Selatan. In Community Engagement & Emergence Journal (Vol. 2). https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Natsir, T. A. L. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini: (Sebuah Kajian Teori dan Praktik) (K. U. Nur, Ed.). IAIN Parepare Nusantara Press.

Nurdyansyah, O., Pd, S., & Pd, M. (2021). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press, 0, 1–105. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-71-3

Parapat, A., Lubis, S. I. A., & Tumiran, T. (2022). PERAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD UMMUL HABIBAH KELAMBIR V MEDAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3408–3419.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Syukri, S. (2021). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 4(1), 16–23. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/240

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Wulandari, S., Novaliyana, & Anggraini, W. (2025). Media Edukatif Islami dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(1), 46–52. Diambil dari https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/155

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama