Peran Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam

Penulis

  • Ari Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ilham Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Ahmad Bahri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus
  • Nurul Hidayatulah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tanggamus

Kata Kunci:

perencanaan strategis, mutu pendidikan, lembaga pendidikan Islam, manajemen pendidikan, studi literatur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam melalui pendekatan studi literatur pada manajemen pendidikan. Dengan mengkaji berbagai sumber pustaka yang relevan, penelitian ini menemukan bahwa perencanaan strategis yang mengintegrasikan prinsip manajemen modern dan nilai-nilai Islam dapat mengarahkan lembaga pendidikan Islam menuju pencapaian mutu pendidikan yang unggul dan berakhlak mulia. Faktor-faktor utama keberhasilan meliputi kepemimpinan visioner, analisis lingkungan yang menyeluruh, serta sistem monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan. Keterlibatan aktif seluruh pemangku kepentingan dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai inovasi strategis juga menjadi kunci dalam menjaga dan meningkatkan mutu secara konsisten. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya implementasi perencanaan strategis yang adaptif dan pelatihan sumber daya manusia berkelanjutan demi menghadapi tantangan pendidikan global tanpa mengabaikan nilai-nilai keislaman.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56. https://doi.org/10.31538/MUNADDHOMAH.V3I1.158

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fauzi, S., & Fajrin, N. (2022). Peran Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education , 2(1), 17–32. https://doi.org/10.14421/HJIE.2022.21-02

Hidayat, R. (2016). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA MEDAN. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(1). https://doi.org/10.15575/ISEMA.V1I1.4982

Iryana, R. K. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Jurnal Ekonomi Syariah STAIN Sorong.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183–196.

Mukti, A., Patimah, S., Warisno, A., Murtafiah, N. H., Islam, U., Lampung, A. N., Pesantren, J., Sidoharjo, K. J., Agung, K. L., Selatan, L., Raden, U., Lampung, I., Suratmin, J. E., Sukarame, K., Sukarame, K. B., & Lampung, L. (2024). Kebijakan Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Journal on Education, 06(02), 15000–15011.

Putra, E. H. (2023). Rencana strategis pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Suherman, U., Esya, E. M., & Cipta, E. S. (2024). Konsep Perencanaan Dalam Manajemen Pendidikan. Journal of Teacher Training and Educational Research, 1(3), 109–116. https://doi.org/10.71280/JOTTER.V1I3.251

Suparjo, S. B. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan).

Wanto Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/JII.V7I1.606

Yaqien, N., Sholeh, A., & Ghofur, A. (2021). Manajemen Mutu Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(1), 29–40. https://doi.org/10.18860/JMPI.V6I1.11023

Yusril, M., & Yusri, A. F. (2023). Konsep Perencanaan Strategis di Lembaga Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 2(2), 205–212.

Zen, W. L., Peningkatan, M., Lembaga, M., Islam, P., Lius, W., Dosen, Z., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Imam, I., Padang, B., Yunus, J. M., Lintah, L., Padang, K., & Barat -25153, S. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1). https://doi.org/10.46576/ALMUFIDA.V1I1.108

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Saputra, A., Ilham, Bahri, A., & Hidayatulah, N. (2025). Peran Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(1), 53–59. Diambil dari https://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/156